Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya

Contoh surat pembaca – Surat pembaca ialah surat yang di tulis di media cetak seperti surat kabar, tabloid serta media cetak lainnya. Sementtara itu isi dari surat pembaca ialah untuk meberikan suatu saran, opini, kritik tanggapan himbauan ataupun ucapan terimakasih serta hal-hal lainnya. Untuk surat, artikel atan conten surat pembca sendiri sudah pasti penulisnya adalah dari pihak pembaca yang kemudian di posting di media cetak terkait. Untuk menulis surat jenis ini sudah barang tentu ada etikanya karena informasi ataupun opini dari surat pembaca bersifat public.

Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya

Surat Pembaca sendiri dapat ditulis atau dikirim oleh siapa saja tanpa ada syarat minimum pendidikan maupun keahlian khusus tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menulis surat pembaca. Terlebih lagi jika akan menulis surat pembaca yang berisi suatu complain terhadap lembaga atau intansi tertentu, Karena jika kita asal saja menulis surat ini bisa-bisa kita dituntut secara hukum atas tuduhan pencemaran nama baik.

Untuk Contoh Surat Pembaca kali ini, kasus yang kita bahas adalah “Pengiriman Kartu Kredit Melebihi Batas Maksimum Waktu Pengiriman Pada Umumnya

Contoh Surat Pembaca

Saya ingin memberikan info terhadap pelayanan dari pengiriman Credit Card Bank Mega yang sangat memprihatinkan. Nama saya Anugrah Mulia Taufik Hidayat, nomor KTP saya 3275120605800007, nomor telepon saya 08119444***. Alamat rumah saya purigading blok SG IV no 11 Kelurahan Jati Melati Kecamatan Pondok Melati, Bekasi. Saya bekerja di Rumah Sakit Antammedika (sister’s company of PT Antam Tbk). Saya sudah menelepon credit card customer service sejak tanggal 7 November 2014 menanyakan perihal pengiriman kartu kredit saya yang sampai saat ini belum saya terima.

Kenapa sampai dengan saat ini (sampai detik ini saya mengirimkan email) kartu kredit saya belum juga saya terima? Padahal sejak saya menelepon customer service sejak tanggal 7 November sampai dengan kemarin tanggal 11 November 2014, saya mendapatkan info ternyata kartu kredit saya sudah di pickup oleh kurir sejak tanggal 21 Oktober yang lalu. Berarti, Bank Mega menyalahi aturan batas waktu pengiriman kartu kredit pada umunya yaitu 14 hari kerja.

Kalau sesuai dengan info kartu saya sudah di pickup oleh kurir tanggal 21 Oktober 2014. Berarti sampai dengan saat ini saya kirim email yaitu tanggal 12 November 2014 jam 09.35 WIB. Berarti sudah 16 hari kerja saya masih belum mendapatkan kartu kredit saya.

Pertanyaan saya,mengapa pin kartu kredit saya sudah saya terima sedangkan kartu kredit saya belum? Apakah Bank Mega tidak mempunyai divisi yang melakukan cross check pengiriman harian yang dilakukan oleh kurir, sehingga tidak ada batasan dateline terhadap pengiriman ke nasabah-nasabah Bank Mega? Apakah semua nasabah Bank Mega mengalami nasib yang sama dengan saya,atau hanya saya sendiri yang mengalami seperti ini?

Apakah Bank Mega membayar murah jasa kurir,sehingga kinerja kurir menjadi malas-malasan? 16 hari kerja sudah merupakan kelewatan bagi Bank sebesar Bank Mega melakukan pengiriman (dan) sampai saat ini juga masih belum saya terima kartu saya. Bagaimana jika nanti yang saya terima bukannya kartu kredit saya melainkan tagihan yang notabennya adalah tagihan yang bukan berdasarkan pemakaian dari saya. Kartunya saja belum saya terima sampai dengan saat ini. Bagaimana saya bisa belanjakan?

Mengapa pula Bank Mega sama sekali tidak memberikan semacam informasi ke saya mengenai keterlambatan pengiriman kurir sehingga sayang yang sebagai nasabah yang mempunyai inisiatif menelpon credit card customer care. Padahal seharusnya customer care mempunyai record data saya bahwa saya sudah komplain sebanyak 3 kali? Bagaimana ini tanggapannya Bank Mega?

Anugrah Mulia Taufik Hidayat
purigading blok SG IV no. 11
Kelurahan Jatimelati,
kecamatan Pondokmelati,
Bekasi 17414

Sumber: kompas.com

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pembaca adalah:

  1. Hal pertama tentunya adalah bahasa yang sopan.
  2. Seandanya surat pembaca yang akan ditulis ditunjukan kepeda instansi tertentu soal masalah atau komplain ada baiknya masalah tersebut bisa dibicarakan denga pihak terkait secara pribadi/personal, sebelum masalah atau complain itu dikirm ke media dalam bentuk surat pembaca.
  3. Untuk surat pembaca yang berisi komplain terhadak institusi tertentu atau seseorang hendaknya disertai bukti-bukti yang mendukung untuk menghindari pencemaran nama baik.
  4. Surat pembaca juga harus dilengkapi dengan identitas dan alamat pembuat yang jelas.
  5. Untuk menulis tangggapan dari suara pembaca edisi ang lalu hendaknya anda menuliskan perihal dan nama penulis sura pembaca yang akan anda berikan tanggapan  termasuk tanggapan kepada pihak redaksi.

Contoh Tanggapan dari surat pembaca di atas seperti yang juga termuat dalam harian kompas.

Perihal : Tanggapan atas pengaduan Bapak Anugrah Mulia Taufik Hidayat Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Bapak Anugrah Mulia Taufik Hidayat di kompas.com (12/11), “Pengiriman Kartu Kredit Melebihi Batas Maksimum Waktu Pengiriman Pada Umumnya”, Bank Mega telah menghubungi beliau untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami, saat ini Bapak Anugrah Mulia Taufik Hidayat telah menerima penjelasan yang diberikan dan beliau sudah tidak mempermasalahkan.

Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerja sama kompas.com untuk memuat tanggapan kami.

Gatot Aris Munandar
Menara Bank Mega Jl. Kap. Tendean Kav.12-14 A

Sumber: kompas.com

Contoh surat pembaca diatas semoga saja dapat mebantu anda yang berniat membuat surat pembaca.  Jangan lupa anda harus mematuhi etika membuat surat ya. Baca juga contoh surat niaga yang mungkin anda butuhkan juga.

Leave a Reply

[GARANSI] Belajar Bhs Inggris Kilat 1 Bulan bisa Ngomong Tanpa Grammar 90% Praktek(KLIK_DISINI)
+